Sunday, July 25, 2010

SAMBAS HARUS PUAS JUARA 2

Dalam ajang event bergengsi Porprov X Tahun 2010 di Kalimantan Barat, Kabupaten Sambas sebagai tuan rumah pelaksanaan olahraga lomba sampan (dragon boat 20 orang), kano, kayak dan eksebisi rowing. Acara lomba dayung ini diadakan di depan Kraton Sambas tepatnya di Muare Ullakan Sungai Sambas dengan jarak tempuh 1 km.

Pada hari pertama tanggal 25 Juli 2010 diadakan lomba dragon boat 20 orang yang diikuti oleh 8 kabupaten, yaitu kabupaten Sambas (tuan rumah), Ketapang, kabupaten Pontianak, kota Pontianak, Sanggau, Landak, Melawi dan Kapuas Hulu. Pada babak penyisihan pertama Sambas berhasil menjadi juara pool A mengalahkan Ketapang, Sanggau dan Landak. Sedangkan untuk runner up pool A direbut oleh Kabupaten Ketapang. Pada pool B, kabupaten Pontianak berhasil menjadi juara pool mengalahkan Kapuas Hulu, Kota Pontianak dan Kabupaten Melawi, sedangkan runner up direbut oleh Kapuas Hulu.Pada babak semifinal, Kabupaten Ketapang bertemu dengan Kabupaten Pontianak yang dimenangkan oleh kabupaten Ketapang, kemudian dilanjutkan dengan pertandingan antara Kabupaten Sambas melawan Kapuas Hulu dan kemenangan berada ditangan Kabupaten Sambas.Di babak final memperebutkan piala ketiga (perunggu) bertemu antara Kabupaten Pontianak dengan Kapuas Hulu dan tim dari Uncak Kapuas harus puas dengan perolehan juara ke empat dikalahkan oleh tim dayung Opu Daeng Manambon yang memperoleh juara ke tiga.

Gambar : Tim Dayung Sambas melawan Ketapang

Untuk babak final perebutan juara 1 (Emas) dan juara 2 (Perak) terjadi pertandingan yang sangat menegangkan antara tim dayung dari Sambas dan Ketapang, pada awal pertandingan terjadi adu sprint yang berimbang diantara kedua tim dayung dan memasuki 500 meter pertama sempat tim dayung sambas mengungguli tim dayung dari kabupaten Ketapang.Kemudian 100 meter memasuki garis finish tim dayung dari Kabupaten Ketapang mengejar ketinggalan dan berhasil memenangkan pertandingan sehingga meraih medali emas, dan tim dayung dari Kabupaten Sambas harus puas ditempat ke dua.

Gambar : Tim Dayung Ketapang Juara 1

Tim dayung Sambas pada tanggal 27 Juli 2010 berencana akan berangkat ke Kuching untuk mengikuti Lomba Sampan Antarabangsa, semoga kekalahan kali ini menjadi pengalaman yang berharga dan memperoleh hasil yang maksimal dimasa datang..Sukses buat Sambas dan Salam dari biak Sambas (RD_Collection).